Keterampilan terpenting yang membedakan orang-orang berkinerja tinggi di perusahaan dan mendorong orang-orang menuju karier yang sukses, pada umumnya, bukanlah pembuatan kesepakatan yang kreatif atau sikap percaya diri, melainkan memiliki pola pikir berkembang.

Mereka adalah orang-orang yang datang ke suatu pekerjaan dengan keinginan untuk mempelajari keterampilan baru, terbuka terhadap masukan dan bersedia mengambil tindakan. Mereka adalah orang-orang yang mencapai kemajuan dalam karier mereka.

Menurut psikolog Carol Dweck, pola pikir berkembang adalah ketika Anda melihat kemampuan, bakat, dan pengetahuan Anda sebagai keterampilan yang dapat terus Anda kembangkan dan tingkatkan. Kebalikannya adalah pola pikir tetap, atau keyakinan bahwa keterampilan dan bakat Anda tidak bisa berubah seiring berjalannya waktu.

“Semangat untuk mengembangkan diri dan mempertahankannya, bahkan (atau terutama) ketika hal itu tidak berjalan dengan baik, adalah ciri dari pola pikir berkembang,” tulis Dweck dalam bukunya, “Mindset: The New Psychology of Success.” “Ini adalah pola pikir yang memungkinkan orang untuk berkembang selama masa-masa paling menantang dalam hidup mereka.”

Anda dapat mengukur pola pikir berkembang berdasarkan cara Anda merespon masukan dari manajer dan rekan kerja.

Umpan balik dapat membantu Anda mengidentifikasi titik-titik buta Anda, sehingga Anda dapat mengubah atau mengubah cara Anda tampil dalam situasi kerja tertentu. Dengan pola pikir berkembang, Anda akan melihat titik-titik buta tersebut sebagai hal-hal yang dapat Anda kendalikan untuk ditingkatkan.

Untuk mengembangkan dan mempraktikkan pola pikir berkembang di tempat kerja, Anda perlu menetapkan tujuan yang menantang untuk diri sendiri, bersedia mengambil risiko, dan mencari masukan serta bimbingan dari orang lain.

Jika Anda menerima kritik yang membangun, pertimbangkan salah satu dari tanggapan berikut, yang menunjukkan bahwa Anda terbuka terhadap masukan tersebut daripada “menutupnya”.

Contoh:

“Saya mendengar tanggapan Anda. Berikut adalah hal-hal yang akan saya lakukan untuk mencoba dan meningkatkan bidang pembangunan tersebut.”

“Itu belum menjadi kekuatan saya, tapi itu adalah sesuatu yang akan saya fokuskan.”

Melalui penelitian ekstensif, ahli saraf telah menemukan bahwa pola pikir berkembang adalah kerangka berpikir paling efektif untuk mencapai tujuan, memperoleh keterampilan baru, memandang kegagalan sebagai peluang belajar, dan mengembangkan perubahan positif dalam hidup Anda.

Ini juga merupakan salah satu keterampilan yang paling dicari oleh perusahaan dari orang-orang yang mereka pekerjakan.

Apakah Anda terbuka untuk memperbaiki sesuatu, atau apakah Anda tipe orang yang keluar ruangan dan berkata, ‘Terserah, tidak ada yang akan berubah’?

Bersikap bijaksana dan bersedia mencoba sesuatu yang baru atau berbeda akan sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *