Jika Anda memiliki ide untuk memulai usaha baru, business plan dapat membantu untuk menentukan apakah ide bisnis Anda dapat dijalankan?

Tidak ada gunanya memulai bisnis jika hanya ada sedikit atau tidak ada peluang bisnis tersebut akan menguntungkan, dan business plan membantu mengetahui peluang kesuksesan Anda.

Business plan harus dimiliki semua orang yang ingin memulai usaha baru. Ini adalah kunci untuk mengamankan pembiayaan, mendokumentasikan model bisnis, menguraikan proyeksi keuangan, dan mengubah ide bisnis menjadi kenyataan.

Untuk mendapatkan pendanaan jika Anda tidak memiliki modal untuk menjalankan ide bisnis tersebut, Anda dapat mencari investor. Untuk itu Anda harus memiliki business plan untuk diperlihatkan kepada calon investor yang menunjukkan bagaimana bisnis yang Anda usulkan akan menguntungkan.

Berikut ini cara membuat business plan secara sederhana:

  1. Analisis Pasar
    Analisis pasar akan mengungkapkan apakah ada cukup permintaan atau jasa Anda di pasar sasaran. Jika pasar sudah jenuh, model bisnis Anda perlu diubah atau dibuang.
     
  2. Analisis Kompetitif
    Analisis kompetitif akan memeriksa kekuatan dan kelemahan kompetitor dan membantu mengarahkan strategi Anda untuk memperoleh pangsa pasar dalam rencana pemasaran. Jika pasar yang ada didominasi oleh pesaing yang sudah mapan, Anda harus membuat rencana pemasaran yang lain untuk memikat pelanggan dari persaingan misalnya harga lebih murah, layanan lebih baik, dan sebagainya.
     
  3. Rencana Pengelolaan
    Rencana pengelolaan atau rencana manajemen akan menguraikan struktur bisnis, manajemen, sampai syarat-syarat bagi pegawai. Jika bisnis Anda memerlukan keahlian khusus karyawan dan manejemen, Anda memerlukan strategi untuk menemukan dan mempekerjakan staf yang berkualitas dan mempertahankan mereka. Misalnya untuk usaha restoran, Anda dapat mencari chef yang sudah berpengalaman.
     
  4. Rencana Operasional
    Rencana pengoperasian menggambarkan fasilitas, peralatan, inventaris dan persyaratan pasokan Anda. Lokasi bisnis dan aksesibilitas sangat penting dalam semua bisnis. Demikian halnya dengan bisnis Anda, Anda perlu mencari lokasi potensial. Jika bisnis yang Anda usulkan memerlukan suku cadang atau bahan baku untuk memproduksi barang yang akan dijual kepada pelanggan, Anda perlu menyelidiki potensi rantai pasokan.
    Misalnya membeli bahan baku dari pemasok besar sehingga harga lebih murah.
     
  5. Rencana Keuangan
    Rencana keuangan adalah faktor penentu apakah ide bisnis yang Anda usulkan akan berhasil. Jika pembiayaan diperlukan, rencana keuangan Anda akan menentukan seberapa besar kemungkinan Anda memperoleh pendanaan awal seperti pembiayaan utang dari bank, investor. Anda bisa jadi memiliki ide bagus, bersama dengan rencana pemasaran, manajemen, dan operasional yang sangat baik, tetapi jika rencana keuangan menunjukkan bahwa bisnis tersebut tidak akan cukup menguntungkan, maka model bisnis tersebut tidak layak dan tidak ada gunanya memulainya.

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menata langkah. Anda perlu menetapkan target yang realistis dan terukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *